• Dubes Malaysia: Reog Ponorogo Milik Indonesia!

    Sumber : Kompas
    Laporan Wartawan KCM Ati Kamil

    JAKARTA, KCM - Duta Besar Malaysia Dato’ Zainal Abidin Zain mengakui bahwa kesenian reog ponorogo benar-benar merupakan budaya asli Indonesia. Pernyataan itu disampaikan Dubes Malaysia usai bertemu dengan Ketua Paguyuban Reog Ponorogo se-Indonesia, H Begug Purnomosidi, di Kedubes Malaysia, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (29/11) pukul 10.35 WIB.

    Menurut Zainal Abidin, Malaysia tidak pernah mengakui bahwa tarian barongan (reog ponorogo-Red) berasal dari Malaysia. "Di website tidak ada pernyataan itu. Di website cuma ada pernyataan tarian barongan (reog ponorogo-Red) boleh didapati di Johor dan Selangor," ujarnya.

    Disebutkan Dubes Malaysia, sekitar 150 sampai 200 tahun yang lalu banyak orang Indonesia berimigrasi ke Malaysia. "Mereka itu mempraktikkan budaya itu (reog ponorogo-Red) di Johor dan Selangor. Tak heran tari barongan ada di sana," kata Zainal dalam pernyataan yang disampaikan di atas mobil pikap yang digunakan Paguyuban Reog Ponorogo se-Indonesia untuk berorasi sebelumnya.

    Sementara Begug pada kesempatan itu mengutip pesan Dubes Zainal Abidin bahwa jangan mau kita sesama rumpun melayu mudah diadu domba serta mudah terprovokasi.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA