• Reog Malaysia Produk Ponorogo

    Laporan Wartawan Surya, Sudarmawan

    PONOROGO, SURYA - Tarian Barongan yang berdurasi selama 6.33 detik, ternyata produk Ponorogo. Hal itu tampak dari ke khasan buatan dan pengakuan beberapa perajin reog yang ada di Ponorogo.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Seni Budaya (Disparbud), Pemkab Ponorogo, Gunardi mengatakan gambar kepala barong dan dadak merak reog yang ditampilkan dalam website Kementerian Kebudayaan, Kesenian, & Warisan Malaysia adalah asli buatan perajin Ponorogo. Hal itu diketahui, lanjut Gunardi, setelah tim dari Dinas Pariwisata dan Seni Budaya turun ke beberapa perajin untuk mempertegas reog yang ditampilkan Malaysia dalam Tarian Barongan yang berlogo Malaysia itu merupakan produk Ponorogo atau memang buatan Malaysia sendiri.

    "Berdasarkan hasil penelusuran tim kami, kepala barong dan dadak merak yang dipertunjukkan Tarian Barongan Malaysia itu asli buatan Pak Molok, salah seorang perajin reog di Ponorogo," terangnya kepada Surya, Jumnat (23/11).

    Gunardi mengungkapkan setiap perajin reog di Ponorogo memiliki ciri khas pembuatan yang berbeda-beda antara perajin yang satu dengan lainnya. Menurut Gunardi, dadak merak reog yang dibuat Pak Molok itu berciri khas ukuran panjang 2,25 meter, lebar 2,30 meter dengan berat hampir mencapai 50 kg. Selain itu, yang membedakan antara reog buatan Pak Molok dengan perajin reog lainya terletak pada dadak meraknya.

    "Kami telah mengecek ke Pak Molok. Memang itu buatan dia beberapa waktu lalu yang dikirm ke Malaysia. Perajin yang lain juga mengakui itu sebagai karya Pak Molok," imbuhnya.

    Lebih jauh, Gunardi mengunpkapkan, saat ini yang dipermasalahkan banyak orang adalah adanya reog yang bertuliskan Malaysia. Selain itu, banyak cerita yang ditampilkan dalam tarian barongan mirip dengan cerita yang ada di reog Ponorogo. Sedangkan, para perajin reog Ponorogo beberapa waktu lalu, mengaku pernah mengirim dua unit reog ke pelanggannya yang ada
    di Malaysia. Hal itu menjadi dugaan kuat jika reog yang ditunjukkan Malaysia itu merupakan hasi produksi perajin reog Ponorogo.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA