• Reog Ponorogo, Tarian Simbol Kerajaan Majapahit

    Kesenian Reog Ponorogo, beberapa waktu lalu sempat diakui sebagai kesenian negara Malaysia. Asal usul Reog Ponorogo sendiri adalah sebuah cerita tentang perjalanan Prabu Kluno Siwandono yang berangkat dari Ponorogo menuju Kediri untuk melamar Putri Songgo Langit.

    Lalu dalam perjalanan dihadang Singo Barong yaitu harimau berhiaskan burung merak. Siang barong ini sendiri memiliki berat sampai 50 kg dan diangkat hanya dengan menggunakan gigi oleh pembawanya.

    Di setiap pentas tari Reog, sekelompok penari yang menunggangi kuda-kudaan selalu menghiasi pagelaran kesenian ini. Penari tersebut menjadi simbol kekuatan pasukan Kerajaan Majapahit. Selain itu, ada juga sekelompok penari bertopeng yang disebut warok.

    Reog modern biasanya dipentaskan dalam beberapa peristiwa seperti pernikahan, khitanan dan hari-hari besar Nasional. Seni Reog Ponorogo terdiri dari beberapa rangkaian 2 sampai 3 tarian pembukaan.

    Tarian pertama biasanya dibawakan oleh 6-8 pria gagah berani dengan pakaian serba hitam, dengan muka dipoles warna merah. Para penari ini menggambarkan sosok singa yang pemberani.

    www.kompas-tv.com, 25 Agustus 2009
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA