• Reog Ponorogo pun Ada di Padang

    indosiar.com, Padang - Aneka kesenian Minangkabau dari berbagai daerah di Sumatera Barat memeriahkan pembukaan Pekan Budaya Sumatera Barat. Para turis asing pun terkesima melihat kekayaan budaya Minangkabau tersebut.

    Pesta budaya tahunan yang diberi nama Pekan Budaya Sumatera Barat kembali digelar di Padang. Pembukaan diisi dengan pagelaran kesenian dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

    Penampilan Tari Piring yang sudah sangat terkenal memukau pengunjung dan para turis asing yang menyaksikan acara tersebut. Peserta dari Kabupaten Padang, Pariaman tampil memukau dengan hentakan gendang tasa mengiringi tabuik yang biasa digelar para perayaan 1 Muharam.

    Penampilan dara-dara Minang cantik jelita ini dengan pakaian adat mempesona para pengunjung. Kota Solo menampilkan prosesi batagak rumah gadang atau kegiatan gotong royong suatu kaum untuk mendirikan rumah adat kaum mereka.

    Peserta yang agak berbeda berasal dari Kabupaten Darmasraya. Di Kabupaten yang banyak bermukim kaum transmigran ini menampilkan Reog Ponorogo. Sedangkan dari Kabupaten termuda Mentawai menampilkan tarian muda mudi setempat.

    "Target kita yang pertama adalah meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Sumatera Barat.

    Kita bersama-sama 19 kabupaten/kota saling bahu membahu mengisi acara yang sepekan ini untuk menampilkan kesenian tradisional yang dimiliki Sumatera Barat. Karena bagaimana pun yang menjadi andalan dari pariwisata Sumatera Barat ini adalah budayanya" James Heliward Kepala Dinas Pariwisata Sumbar.

    Puncak pembukaan acara ditutup dengan penampilan cerita rakyat dari Kabupaten Tanah Datar, tentang legenda Putri Mayang Taurai yang durhaka kepada suaminya dan akhirnya disumpah menjadi monyet.

    www.indosiar.com

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA