• Reog Buka Kirab HUT Kelenteng Hok Tek Bio Salatiga


    Laporan wartawan KOMPAS Antony Lee
    Minggu, 15 November 2009 | 12:46 WIB

    SALATIGA, KOMPAS.com — Kesenian Reog Ponorogo dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menjadi pembuka kirab budaya dalam rangka HUT ke-137 tempat ibadah Tri Dharma Hok Tek Bio Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (15/11) sekitar pukul 11.30. Pawai itu diikuti sekitar 50 kelenteng di Jawa dan Madura.

    Setelah rangkaian reog, barisan selanjutnya ialah 21 pemuda-pemudi pembawa bendera Merah Putih. Diikuti dengan penampilan gedawangan yang dibawakan Kelompok Tek Gie TITD Hok Tek Bio. Gedawangan itu mirip ondel-ondel Betawi, tetapi menampilkan trio Hakim Pao, Pengawal Can Cao, dan Penasihat Kong Sun. Ketiganya merupakan tokoh kisah China tentang hakim bijak.

    Setelah itu baru diikuti dengan arak-arakan kimsien atau patung dewa, diawali dengan tandu atau kio mengangkut Hao Tjiang Koen atau pengawal setia berupa macan, disusul Dewa Bumi atau Hok Tek Tjieng Sien. Ada 13 kimsien yang dikeluarkan TITD Hok Tek Bio. Baru setelahnya diikuti kelenteng tamu.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA