• Reog Ponorogo Semarakkan Kirab Sail Bunaken

    Manado - Reog Ponorogo dan terompet "raksasa" yang sempat memecahkan rekor MURI 2007, turut menyemarakkan Kirab Kota dalam rangka Sail Bunaken 2009, di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

    Wartawan ANTARA di Manado, Selasa, melaporkan Reog Ponorogo yang menampilkan atraksi budaya dari pulau Jawa tersebut, memancing perhatian ratusan Admiral (Laksamana) dan awak kapal perang 33 negara peserta Sail Bunaken.

    Kirab kota merupakan salah satu "side event" dalam rangka "International Fleet Review" Sail Bunaken yang diikuti 33 negara, puluhan kapal perang dan pesawat tempur yang digelar di Manado, 12-20 Agustus 2009.

    Terompet raksasa yang didesain khusus dari Institut Seni Budaya Sulawesi Utara (Sulut), ikut dipajang pada kirab yang disaksikan langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno dan Gubernur Sulut, SH. Sarundajang.

    Terompet raksasa menyerupai alat musik daerah Sulut klarinet itu, memiliki panjang 12 meter serta lebar sekitar tiga meter, diangkut khusus dengan kendaraan besar dengan melewati ribuan warga dan peserta Sail Bunaken di jalan Boulevard Manado.

    Kemudian ada musik daerah kolintang terbesar dengan ukuran sekitar 10 meter itu, dilanjutkan dengan pameran pakaian-pakaian adat beserta barisan kadet Angkatan Laut yang membawakan "marchine band".

    Tidak ketinggalan ribuan peserta atau awak kapal dari 33 negara turut meramaikan kirab kota Sail Bunaken itu, dengan berbaris mengikuti rute yang ditetapkan panitia.

    Gubernur Sulut SH Sarundajang, menilai kirab kota dalam rangka Sail Bunaken merupakan ajang untuk menyatukan kehadiran awak kapal perang bersama warga Sulut.

    "Mereka tidak lagi terpaku dengan kegiatan di kapal perang, tetapi menyatu dengan masyarakat dalam kegiatan sosialnya," katanya.

    antara news jawa timur, 18 Agust 2009
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA