• Unej Gelar Festival Reog Untuk Lestarikan Budaya

    Jember - Paguyuban Seni Reog Mahasiswa (PSRM) Sardulo Anurogo Universitas Jember (Unej), berencana menggelar agenda tahunan yakni Festival Reog Jember untuk melestarikan budaya Indonesia.

    Festival Reog tersebut akan digelar di halaman parkir utara Gedung Soetardjo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada tanggal 21-22 Mei 2011.

    Ketua PSRM Sardulo Anurogo, Diding Cahyono, Kamis mengatakan, Festival Reog digelar setiap tahun untuk memberikan sebuah wadah kepada masyarakat pencinta kesenian reog di Kabupaten Jember.

    "Sebagai generasi penerus bangsa, kami ingin menjaga kelestarian kesenian reog di Kabupaten Jember dan kabupaten lain di wilayah Karisidenan Besuki," tuturnya.

    Tema kegiatan tersebut adalah "Reog The Legend Of East Java" yakni menggambarkan tentang seni reog yang merupakan suatu legenda yang lahir di Jawa Timur.

    "Tema itu diharapkan menggugah semangat yang tumbuh dan berkembang bagi masyarakat khususnya di Jawa Timur untuk tetap melestarikan warisan budaya," paparnya.

    Menurut dia, reog merupakan suatu legenda yang lahir sebagai suatu budaya yang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi dan sekaligus menjadikan seni reog sebagai suatu warisan budaya.

    "Kami berharap reog menjadi suatu warisan budaya yang tidak hanya diakui oleh Indonesia, namun diakui oleh dunia internasional," ujarnya, menambahkan.

    Beberapa peserta Festival Reog antara lain Reog Singo Muncul dari Kecamatan Ambulu, Singo Mudho dari Kecamatan Wuluhan, dan Bantar Angin dari Kabupaten Probolinggo.

    Diding mengaku prihatin ketika Malaysia mendaku reog sebagai kesenian mereka, namun masyarakat Indonesia sepertinya kurang peduli untuk menjaga dan melestarikan kesenian reog tersebut.

    http://www.antarajatim.com/lihat/berita/62508/unej-gelar-festival-reog-untuk-lestarikan-budaya
    19 mei 2011
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA