• Bertemu Reyog di Muara Enim

    Reyok Muara Enim menghibur tim Jelajah Sepeda Jakarta-Palembang di PT Bukit Asam, Minggu (7/11/2011).

    MUARA ENIM, KOMPAS.com - Ketika tim Jelajah Sepeda Jakarta-Palembang (JSJP) tiba di Muara Enim, Sumatera Selatan, ada sedikit kekagetan. Tim disambut PT Bukit Asam dengan hiburan reyok.
    Padahal, semua tahu, reyok identik dengan kebudayaan Jawa, utamanya daerah Ponorogo, Jawa Timur. Seni tradisi yang pernah diklaim milik Malaysia itu ternyata juga ada di Muara Enim, bahkan sudah hidup bertahun-tahun.
    Ini membuktikan bahwa reyok sudah menjadi milik seluruh bangsa Indonesia. Bahkan, reyok dari grup Watu Item ini siap mengikuti festival reyok di Ponorogo pada 17 Februari nanti.
    Salah seorang sesepuh kelompok reyok itu, Sukartimin, mengatakan, seni reyok sudah hidup di Muara Enim sejak lama. Seingat dia, tahun 1950-an sudah ada reyok di daerah ini.
    "Ya, memang seni ini dibawa masyarakat Jawa Timur yang pindah ke sini. Biasanya dibawa oleh masyarakat transmigrasi," katanya.
    Menurutnya, masyarakat Muara Enim suka juga dengan reyok. Kelompok ini biasanya tampil jika ditanggap dalam event-event tertentu.
    "Meskisusah-payah, seni reyok terus hidup dari dulu sampai sekarang di Muara Enim," katanya.
    Dia berharap, kelompoknya akan juara atau setidaknya mendapat penghargaan di festival reyok pada 17 November nanti. Sehingga, masyarakat Muara Enim juga akan bangga dan reyok semakin diterima serta berkembang di daerah itu.

    http://travel.kompas.com/read/2011/11/08/12131814/Bertemu.Reyog.di.Muara.Enim
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA