• BANTAR ANGIN JAWARA FESTIVAL SENI REOG JEMBER II

    Hujan yang membasahi kota Jember Sabtu malam itu (17/7), tidak menyurutkan semangat seluruh peserta Festival Seni Reog Jember (FSRJ) II untuk menampilkan kemampuan terbaiknya. Penonton yang hadir pun antusias melihat penampilan setiap grup dalam ajang yang diadakan oleh Paguyuban Seni Reog Mahasiswa (PSRM) Sardulo Anurogo Universitas Jember.

    Setelah melewati tahap penjurian yang dilakukan oleh Prof. Drs. I.C. Sudjarwadi (Fakultas Sastra Universitas Jember), Punjul Ismuwardoyo (Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta, Surabaya) dan Agung (seniman reog, Ponorogo) akhirnya Grup Reog Bantar Angin dari Probolinggo tampil sebagai juara pertama, diikuti grup reog Singo Muncul dari Pontang, Ambulu Jember dan juara tiga diraih oleh grup reog Singo Budoyo, Pontang Kulon, Ambulu Jember.

    Menurut Ketua PSRM Sardulo Anurogo Universitas Jember, Fahmi Mubarroq, FSRJ II kali diikuti oleh delapan peserta dari Jember, Banyuwangi dan Probolinggo. Makin banyaknya peserta yang berpartisipasi ini menunjukkan jika festival reog yang digelar oleh para mahasiswa ini makin diapresiasi oleh seniman reog di Jawa Timur. Untuk diketahui FSRJ pertama tahun lalu hanya diikuti empat peserta yang kesemuanya dari Jember.

    Selain untuk memupuk rasa cinta kebudayaan Indonesia khususnya reog, festival ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para seniman reog baik dibidang seni tari, seni pertunjukan dan iringan gendingnya. Yang lebih istimewa, ajang FSRJ II dibuka oleh penampilan mahasiswa-mahasiswi Universitas Bondowoso yang tengah merintis berdirinya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Reog di kampusnya.


    Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Pembantu Rektor III Universitas Jember, Drs. Andang Subaharianto, M.Hum mengharapkan FSRJ menumbuh kembangkan kecintaan terhadap seni budaya Indonesia di kalangan anak muda juga dapat membawa efek positif bagi kemajuan pariwisata Jember.

    Selain predikat juara, panitia juga memberikan gelar pemain favorit bagi pemain yang tampil, berikut daftar peraih juara di ajang FSRJ II ;

    Klono Sewandhono favorit : Simo Siswo Taruno, Probolinggo.
    Dadak Merak favorit

    : Singo Mulyo, Blater, Jember

    Jathil favorit : Krido Budhoyo, SMPN I Ambulu, Jember
    Bujang Ganong favorit : Gembong Singo Yudho, Banyuwangi
    Warok favorit : Singo Mudo, Kesilir, Ambulu, Jember
    Iringan favorit : Bantar Angin, Probolinggo
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA