Selasa, 12 Juli 2011

Reog Ponorogo di PRSU Medan

MEDAN: Reog Ponorogo, kesenian tradisional khas asal Jawa Timur, Minggu, tampil di panggung budaya Pekan Raya Sumatra Utara.

Pementasan Reog Ponorogo merupakan salah satu dari beberapa kesenian rakyat yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) dalam rangka ikut menyemarakkan Pekan Raya Sumatra Utara (PRSU) ke-40 yang digelar di Medan, mulai 18 Maret hingga 17 April.

Penampilan Reog Ponorogo tersebut dipersembahkan oleh sekitar 20 orang seniman yang tergabung dalam Forum Komunikasi Warga Jawa (FKWJ) Kabupaten Palas. Kemampuan untuk membawakan topeng Barong yang besar dan berat sempat mengundang decak kagum penonton. Atraksi kesenian lain dari Palas yang tampil dalam panggung budaya, di antaranya tarian panen padi dan cerita rakyat tentang perjuangaan seorang pemuda mencari anak gadis untuk kelak dijadikan istrinya.

Pementasan cerita rakyat khas Palas itu dipersempahkan oleh para pelajar dari Madrasah Aliyah Negeri Kecamatan Sibuhuan dan mahasiswa dari Akademi Kebidanan Bunda Husada Kabupaten Palas. Penampilan seni dan budaya dari Kabupaten Palas di PRSU cukup banyak menarik perhatian ratusan penonton di panggung terbuka itu.

Sekretaris Dinas Pemuda Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Palas, Irwan Hasibuan, mengatakan, Reog Ponorogo turut ditampilkan dalam pementasan seni dan budaya yang dipersembahkan Pemkab Palas, karena sekitar 30 persen dari sekitar 223 ribu jiwa penduduk di daerah itu terdiri dari suku Jawa. Selain suku Jawa, di Kabupaten Palas juga terdapat beragam suku lain di antaranya Mandailing, Melayu dan Minangkabau.

http://www.bisnis-sumatra.com/index.php/2011/03/reog-ponorogo-di-prsu-medan/
Mar 21st, 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....