• Berita duka menyelimuti Kota Reyog


    Satu lagi, tokoh warok Ponorogo, Kang Heru Subeno, meninggal dunia Rabu (4/3) pukul 21.00. Sosok yang dikenal sebagai seniman sejati itu dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tonatan, kemarin (5/3). Prosesi pemakaman berlangsung cukup hikmat.

    Nuansa Ponoragan sangat kental mengiringi keberangkatan jenazah sepanjang perjalanan dari rumah duka di Kelurahan Tonatan, Kecamatan Ponorogo, menuju peristirahatan terakhirnya. Keluarga besar tokoh yang semasa hidupnya dicurahkan untuk perkembangan seni Reyog tak kuasa meneteskan air mata. Tak terkecuali para seniman reyog, mereka mengaku kehilangan orang yang berjasa demi kemajuan seni Reyog.

    Budi Satrijo, sekretaris Yayasan Reyog Ponorogo yang dikenal dekat dengan almarhum Heru Subeno, mengatakan warok kelahiran 23 Oktober 1958 itu sejak kecil sangat suka dengan reyog. Perjuangan untuk membesarkan seni reyog dilalui dengan jerih payah. ”Kami membanggakan beliau yang tidak pernah membeda-bedakan orang lain,” ungkapnya di sela-sela mengantarkan jenazah ke pemakaman. Menurut dia, kepedulian dan dedikasi Kang Heru Subeno pada pengembangan kesenian, yang sekarang menjadi maskot Ponorogo dan Indonesia, cukup tinggi.

    Bahkan, almarhum rela semasa hidupnya untuk terus bergelut di kesenian reyog. ”Tidak ada duanya totalitas beliau dalam mencurahkan kemajuan reyog yang sudah go international ini,” terangnya. Dari kreativitas sebagai seniman reyog, Kang Heru Subeno telah melahirkan karya monumental. Yakni tari warok kolor sakti dalam pentas seni tari reyog dan pengembangan dialek khas Ponoragan. ”Kang Heru bukan hanya milik orang Ponorogo. Tapi seluruh seniman dan masyarakat yang cinta terhadap reyog,” paparnya.(dip/sad)

    Sumber : jawapos.co.id
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA