• Budayawan Kediri Gelar Kirab Grebeg Suro

    Kediri (beritajatim.com) - Ratusan budayawan dan pelaku seni jaranan, pemecut serta reog menggelar pawai budaya mengelilingi ruas jalan raya di Kota Kediri, Jumat (18/12/2009) pagi. Kirab budaya dan pusaka ini merupakan ritual grebeg Suro.

    Ketua Panitia dari Sanggar Seni Garudo Muko Yudi mengatakan, pawai keliling Kota Kediri ini untuk memperingati tahun baru 1 Suro atau tahun baru Islam 1 Muharram.

    "Nilai yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah memberikan pembelajaran mental serta spiritual kepada kaum muda arti dan pentingnya budaya, kekayaan yang diwariskan oleh leluhur," ujar Yudi.

    Kirab budaya dan pusaka itu diikuti oleh ratusan pelaku seni yang berasal dari 9 grup. Mereka berasal dari Seni Jaranan dan Reog se-eks Karesidenan Kediri dan Madiun. Di antaranya, Trenggalek, Tulungagung, Madiun, Solor dan Ponorogo serta Banyuwangi.

    Pawai dimulai dari Jl Air Langga-Jogoboyo-Cokroaminoto Kota Kediri dan finish di tempat yang sama. Acara diakhiri dengan atraksi sejumlah pelaku seni dan perebutan tumpeng yang sebelumnya diarak keliling kota.

    beritajatim.com, 18 Des 2009
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mari kita rembug bersama, agar kesenian reog lebih berkwalitas dan berkembang, tetapi jika ngobrol tanpa ada ACTION sama halnya BO'ONG, maka setelah kita ngbrol sambil NGOPI kita TATA gamelan dan langsung kita REOGAN.....

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini



Free Widgets
Free Counter

Networked Blogs

Visitors

Picture of Reog dance

Facebook

Profil Facebook Bahrudin Khoiri

NeoCounter

Follow me

Max Dien - Find me on Bloggers.com

KELANA